Jus Tomat

20 April 2007 at 4:52 pm | Posted in minuman | 12 Comments

Kalau lagi di rumah makan dan lagi pingin jus, biasanya saya pesen jus jambu. Karena saya dan mia memang suka jambu, dan buah jambu itu agak susah carinya. Ga semua toko buah ada.

Selain jus jambu, jus alpukat juga jus favorit. Tapi karena jus alpukat bikin kenyang, maka jus jambu lebih sering jadi pilihan.

Terus ada apa dengan jus tomat? Dokter kami menganjurkan saya minum jus tomat 2x sehari. Agak bingung awalnya. Kenapa tomat..? Kenapa dok..? Kenapa..? Sayang saya ga bisa tanya langsung ke dokternya karena ini.

Dari mediasehat.com :

Buah yang dijuluki si apel cinta – love apple – karena dianggap bisa membangkitkan gairah cinta ini memang enak sekali diolah sebagai jus karena rasanya yang khas dan segar. Bangsa Italia juga gemar menggunakan buah tomat ini sebagai bahan saus yang tak pernah absen dalam berbagai hidangannya, sebut saja pizza, spaghetti, sup tomat dan berbagai hidangan pasta italia yang selalu menghadirkan tomat sebagai sausnya.

Iya. Trus kenapa saya mesti minum jus tomat..??

Tanaman dengan nama latin Solanum lycopersicum ini memiliki kandungan senyawa karotenoid dengan daya antioksidan tertinggi, yaitu LIKOPEN.

Karotenoid itu apa..? Antioksidan kayaknya sering denger deh di iklan, tapi artinya apa ya..? Trus… LIKOPEN..??

Senyawa karotenoid memiliki sifat antioksidan yang mampu melawan radikal bebas akibat polusi dan radiasi sinar UV.

Wah canggih dong ya..

…sehingga kesehatan fisik tetap terjaga dan juga membuat tetap awet muda.

Awet muda..? Hmmm..

Yang istimewa adalah bahwa Likopen hampir hanya ditemukan dalam buah ini. Likopen meliputi sekitar 50% senyawa karotenoid yang terdapat dalam sebutir tomat.

Wah tambah canggih aja nih si tomat..

Bukan cuma Likopen, tomat pun kaya dengan nutrisi-nutrisi penting lainnya. Satu gelas jus tomat bisa mengandung energi 20 kalori; protein 1 g; lemak 0,3 g; karbohidrat 4,2 g; kalsium 8 mg; fosfor 29 mg; zat besi 0,59 mg; natrium 10 mg; kalium 254 mg; vitamin A 1,394 IU; biotin 2 mg; asam folat 11,5 mcg; vitamin C 21,6 mg dan magnesium 14 mg.

Mmmmm…..

Dalam tubuh, Likopen banyak ditemukan di testis, kelenjar suprarenal dan prostate.

Nah mulai ada hubungannya nih..

…Kandungan asam p-kumarat dan asam klorogenat di dalam tomat secara langsung mampu melemahkan zat nitrosamine, yaitu salah satu zat penyebab kanker yang mungkin terdapat dalam makanan. Kandungan asam lainnya yaitu asam malat dan asam sitrat dapat menjaga kebersihan saluran empedu, sehingga dapat menghindari terjadinya batu empedu…

…buah ini dapat mengobati diare, serangan empedu, gangguan pencernaan, dapat mencegah kolera, serta memulihkan fungsi liver….

…bahwa mereka yang makan produk olahan dari tomat sebanyak 10 kali seminggu, memiliki resiko terkena kanker prostate lebih rendah 35% daripada pria yang makan tomat kurang dari 1½ seminggu…

…dapat menyembuhkan radang pada jerawat, luka, borok, wasir, usus buntu hingga radang saluran pencernaan (bronchitis)…

…cairan licin atau jelly berwarna kuning yang terdapat di sekitar biji tomat, mengandung senyawa atau bahan campuran yang manjur untuk melawan stroke dan penyakit jantung…

Biar belom mudeng kenapa saya mesti terapi minum jus tomat, kalo dilihat banyak banget manfaatnya ya. Boleh lah tiap pagi sama malem saya minum jus tomat. Rasanya lumayan kok. Murah pula. ^_^

info si tomat saya dapet dari www.mediasehat.com/tanaman03.php

update: Intinya, likopen yg banyak dikandung tomat itu meningkatkan agresivitas sperma. Gitu katanya.

12 Comments »

RSS feed for comments on this post. TrackBack URI

  1. Saya terkena Batu empedu . Apakah saya bisa menggunakan jus terapi dalam penyembuhannya ? Batu yg di USG hanya 1 batu didalamnya 1,75 cm .

    Pleas eadvise buah apa yg bagus untuk saya konsumsi ?

    terima kasih

    Like

  2. Untuk buah tomat memang bagus buat penderita kanker tapi apakah tomat juga bisa untuk penderita batu empedu ?

    Like

  3. sori mas nunu, saya kurang paham hal seperti itu.

    Like

  4. saya sangat berterima kasih sekali dengan adanya web ini, karena saya sudah lama mengkonsumsi jus jus tomat dan belum banyak mengerti akan kanduangan yang ada didalam buah tomat. sekali lagi saya ucapkan terima kasih.

    Like

  5. tomat lebih baik dikonsumsi mentah (fresh from d pohon) atau dengan pemasakan (dimasak) terlebih dahulu???

    Like

  6. SEBELUMNYA SAYA ENGGAK SUKA BANGET DENGAN TOMAT KARENA RASANYA YANG ANEH.TAPI SETELAH BACA SAYA AKAN MENCOBA DENGAN SEGALA UPAYA UNTUK SUKA SAMA SI TOMAT .HE,,HE,,

    Like

  7. q suka banget ma jus tomat,pi g taw pa manfaatnya.
    setelah baca ini,hmmmm…q makin cinta ma jus tomat.

    Like

  8. Kluarga sya suka bgeth ama jus tomat. Apa bnar jus tomat bsa menyembuhkan sariawan?

    Like

  9. bagaimana cara terbaik membuat jus tomat? tanpa kulit? diseduh dahulu? atau mentah saja? Apakah benar bisa untuk menyembuhkan batu empedu?

    Like

  10. bisa tak jus tomat buat penderita DM Tipe 2???
    mengapa???

    Like

  11. saya suka jus tomat campur jeruk. segar menyehatkan

    Like

  12. hmmmmmmm ga rugi deh suka ma jus tomat, ternyata banyak khasiatnya!!!! and emang murah lg heheheeee

    Like


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Blog at WordPress.com.
Entries and comments feeds.

faisal basri

wear the robes of fire

Catatan Dahlan Iskan

dahlaniskan.wordpress.com

PAPABACKPACKER

Bukan! Ini bukan Papa yang mantan pacarnya Mamma!

Dua Ransel

Hmmm...

Food Bible HK

Gaga & Anna's Food Journey

Time Traveller

Living The Dream

Tatiana の Trouvaille

The peculiar finds are the most interesting

CHICINITIE

Travel, designers and cool places

Pergi Dulu

Just another WordPress.com site

Cerita Riyanti

... semua kejadian itu bukanlah suatu kebetulan...

ellestary

Mengabadikan Jejak Kehidupan

A*A*A*A*A

Hmmm...

Just another WordPress.com site

Discover Your Indonesia

From Indonesia to the World

titiw.com

Hmmm...

Males Mandi

wherever you go, take a bath only when necessary

PAPSI

Hmmm...

arsitektour

Tempatnya Wisata Asik dan Menarik

n.d.e's page

my colorful book

Catatan Mimpi dan Realita~

Selain Allah mengabulkan keinginan kita, terkadang Allah memberikan bonus lebih di atas keinginan itu ❤️

To ~ reizen

Journey and Share...

YSalma

Jejak Mata dan Pikiran

Kawanlama95's Blog

Cinta tak hanya kata-kata namun cinta adalah Tindakan

playwithlifeorg

4 out of 5 dentists recommend this WordPress.com site

One's Blog

Ucapan berhamburan - Tulisan akan bertahan

NOE Style

.............It's just how to live the life, it's the freedom!

Jejak BOcahiLANG

Life is like the surf, so give yourself away like the sea

mainmakan

Hmmm...

Iristhelandscapedesign's Weblog

Just another WordPress.com weblog

Dongeng Geologi

Geologi Lingkungan, Energi dan Kebencanaan

tesyasblog

Hmmm...

pikokavazi

Hmmm...

%d bloggers like this: